Kegiatan Akreditasi SDN CISAAT

Kegaiatan Akreditasi SDN CISAAT
Kegiatan Akreditasi SDN CISAAT
SDN CISAAT - Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Akreditasi sekolah sendiri bertujuan untuk : memberikan informasi tentang kelayakan sekolah/madrasah atau program yang dilaksanakannya berdasarkan SNP (Standar Nasional Pendidikan), memberikan pengakuan peringkat kelayakan, danmemberikan rekomendasi tentang penjaminan mutu pendidikan kepada program dan/atau satuan pendidikan yang diakreditasi dan pihak terkait.
Pada tahun 2016 SDN CISAAT mendapat giliran untuk diakreditasi  karena sertifikat akreditasi sebelumnya sudah berakhir dan selaku Tim Asesor yang menilai SDN CISAAT adalah  Bapak L. Sulhi Munir, M.Pd dan Bapak Muhammad Supriyadi, M.Pd beliau berdua adalah Tim Asesor dari Kabupaten Lombok Timur.


Suasana berbeda terlihat di SDN CISAAT Dewan guru, siswa SDN CISAAT serta tokoh masyarakat Rambay sangat kompak Menyambut kedatangan Tim Asesor yang akan menilai sekolah mereka. Siswa berbaris rapi menunggu didepan gerbang sekolah dengan menggunakan pakaian adat sasak dan sekitar pukul 08.00 Tim Asesor (Bapak L. Sulhi Munir, M.Pd dan Bapak Muhammad Supriyadi, M.Pd) yang ditunggu akhirnya datang.


Selanjutnya acara pembukaan dan sambutan,  dalam acara pembukaan sambutan pertama oleh Ibu Hj. Eha Jualeha,S.Pd.M.Si selaku Kepala Sekolah memberikan sambutan hangat serta tak lupa menceritakan secara singkat profil SDN CISAAT dan menyampaikan harapannya untuk hasil yang lebih baik dari akreditasi sebelumnya kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh perwakilan Tim Asesor dalam sambutannya Tim Asesor menjelaskan secara umum apa itu akreditasi serta manfaat akreditasi baik bagi sekolah, siswa serta pihak-pihak terkait dan acara pembukaan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Bpk. Ir. Muhammad Haris Ketua Komite SDN CISAAT.


Setelah acara pembukaan dan sambutan, tim assesor mulai berkeliling melihat semua sarana dan prasarana yang di miliki SDN CISAAT serta tidak lupa mengambil gambar sebagai bukti fisik kemudian melihat proses belajar mengajar dikelas, wawancara dengan komite sekolah, wawancara dengan tokoh masyarakat, wawancara dengan guru, wawancara dengan siswa serta tidak lupa memeriksa semua berkas-berkas yang dibutuhkan sesuai instrumen akreditasi satu per satu.


Setelah semua rangkaian proses penilaain dilalui perwakilan Tim Asesor berpesan pada acara penutupan bahwa hasil ini akan menjadi acuan untuk menentukan peringkat SDN CISAAT dan apapun hasilnya tidak serta merta mengendurkan semangat para guru untuk terus berupaya meningkatkan kinerja dan kulalitasnya guna memajukan pendidikan khususnya di SDN CISAAT.

Mudah-mudahan nilai akreditasi tahun ini lebih baik dari tahun 2011.












Tags:SDN Cisaat, SD Cisaat, SDN Cisaat Rambay, Cisaat SDN, Cisaat SD, Sekolah Dasar Negeri Cisaat, Sekolah Dasar Negeri Cisaat Rambay, KKG Cisaat, KKG SDN Cisaat, SCR, Sekolah Cisaat Rambay, KKG, Sekolah SSN Cisaat, Sekolah SN Cisaat, Cisaat SDN Rambay

Subscribe to receive free email updates: